Logo Design by FlamingText.com

gif maker

selamat datang

PUSAT INFORMASI
PORTAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI LENTERAHATI
MENDIDIK DENGAN HATI DAN KETULUSAN
======KEUNGGULAN KAMI======

keunggulan

1)Dengan Kurikulum Multiple Intellegence, 2) Pendekatan Karakter Islami, 3)Mengembangkan Bakat Dan Minat Anak, 4)Fasilitas Modern dan Lengkap, 5)Pembelajaran In Class dan Outing Class, 6) Didampingi Psikolog Dan Konselor, 7) Pemeriksaan Kesehatan Berkala

Jumat, 07 September 2012

Profile Lembaga






PROFILE
TAMAN PENDIDIKAN LENTERAHATI
# Penitipan Anak, # Kelompok Bermain,
# Taman Kanak-Kanak

===================================================

PENGANTAR

Dalam beberapa tahun terakhir ini terdapat kecenderungan baru di masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan keluarga-keluarga muslim, untuk sedini mungkin memasukkan anak-anaknya ke Lembaga Pendidikan Playgroup yang menawarkan konsep pendidikan yang beraneka rupa namun memiliki ciri khusus keagamaan Islam. Perkembangan baru ini sangat menarik, selain semakin memacu Lembaga Pendidikan Playgroup untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikannya, sehingga memberikan konstribusi yang signifikan bagi dunia pendidikan negeri ini, juga akan membawa implikasi bagi masa depan umat dan bangsa pada khususnya berkenaan dengan pengembangan sumber daya manusia.

Oleh karena itu pendidikan pra sekolah kini mendapatkan perhatian besar, tidak saja dari masyarakat luas, tetapi juga dari kalangan akademisi. Pendidikan pra sekolah dinilai menjadi pendidikan yang menjadi dasar bagi pendidikan sesudahnya. Mendidik anak tidak dapat secara asal-asalan, dikarenakan nilai penting pendidikan usia dini. Hal ini mengingat pendidikan tidak dapat dilaksanakan secara mendadak langsung ketika anak sudah besar. Justru ketika masih kecil itulah pendidikan perlu direncanakan sebaik mungkin, karena meletakkan dasar dan pondasi. Pendidikan lanjutan tinggal meneruskan apa yang telah diperoleh ketika kecil. Pendidikan dalam bentuk pembiasaan, penanaman nilai-nilai, serta aspek-aspek dasar terjadi ketika anak-anak masih kecil. Untuk itulah setiap lembaga pendidikan pra sekolah harus memiliki dasar-dasar seperti itu secara kokoh dan komprehensif.

Namun akhir-akhir ini juga terdapat perkembangan baru, yaitu kecenderungan “kecemasan masa depan” yang terlampau besar, ketakutan semacam ini terutama dirasakan di kalangan tertentu dalam masyarakat kota besar, yang menyusul kemudian muncul usaha untuk memperkenalkan berbagai kegiatan belajar sejak usia dini yang dipercepat, tanpa menunggu waktunya tiba masa sekolah. Fenomena ini memang menunjukkan bahwa semakin baik tingkat kesadaran akan pendidikan. Namun di balik itu terdapat hal-hal yang memprihatinkan dimana seringkali pendidikan yang diberikan terlalu sarat dengan hal-hal yang bersifat akademisi, dan cenderung melupakan jati diri pendidikan pra sekolah yang semestinya, serta seringkali kurang memperhatikan tumbuh kembang anak. Dikalangan pendidik fenomena ini cukup merisaukan mengingat masa pra sekolah merupakan masa pembentukan aspek-aspek dasar serta kecerdasan dan yang terpenting adalah pendidikan karakter yang sifatnya holistik. Dapat dibayangkan apabila pendidikan pra sekolah terlalu mementingkan aspek kognitif dibanding aspek-aspek yang lainnya maka masa kanak-kanak mereka menjadi muram dikarenakan kehilangan modal belajar yang berupa positive mental, global learning, happy learning, dan positive supporting yang mengagumkan.

MENGENAL TAMAN PENDIDIKAN LENTERAHATI

Pendidikan yang dilandasi dengan pengembangan karekter dan Multiple Intelligence adalah strategi yang cocok untuk anak usia dini. Pendidikan dengan pendekatan Multiple Intelligence untuk mengembangkan karakter anak adalah sebuah konsep yang baru dalam dunia pendidikan yang dapat mendukung semua aspek minat dan bakat yang dimiliki oleh anak tanpa meninggalkan kemampuan sosial, emosional dan intelektualnya.

Berdasarkan hal tersebut maka setelah dikaji oleh Tim Akademik bersama konsultan ahli Taman Pendidikan LENTERAHati  maka lahirlah metode Berkarakter dengan pendekatan Multiple Intelligence dengan mengedepankan konsep pembelajaran yang komprehensif

Prinsip belajar berkarakter dengan pendekatan Multiple Intelligence sudah dimulai sejak awal tahun 2006. Pada waktu itu sudah diajarkan oleh para ahli pendidikan bahwa apabila anak tidak diaktifkan secara mental dan fisiknya apa yang masuk ke otak mereka tidak akan mudah dicerna dan akibatnya tidak menjadi milik anak. Sudah menjadi alamnya bahwa anak kecil tidak mau diam tetapi selalu ingin bergerak, apalagi anak-anak yang jumlah neuronnya ratusan milyar. Di pihak lain tidaklah dapat dipungkiri suatu fenomena di masyarakat bahwa “Anak Cerdas” demikian bagi orang tua atau pengasuh sering menimbulkan rasa jengkel dan penasaran.

Bila dipahami kreatif  yang berdasarkan kreteria multiple Intelligence sebenarnya ada dua jenis. Yang pertama, kreatif dapat hanya muncul dalam bentuk pikiran atau ide. Yang kedua, anak yang kreatif lalu diikuti dengan aktif, hal ini pada umumnya terjadi pada anak usia dini. Jadi aktif dan kreatif sebetulnya bergabung menjadi satu yang tidak terpisahkan bahwa anak diajak untuk inovatif dengan pengertian mampu menciptakan dan membuat improvisasi dengan tetap memiliki karakter yang baik, karena bila kemampuan aktif, kreatif dan inonatif tidak dibarengi dengan karakter yang baik maka akan menciptakan pribadi yang tidak dapat menjawab tantangan zaman karena lebih mengandalkan unsur intelektual dan egoisme pribadi.

Untuk itu kurikulum yang digunakan di Taman Pendidikan LENTERAHati disusun berdasarkan unsur Karakter, Multiple Intelligence, dan Islami.
Suasana belajar yang bebas dan bertanggung jawab menjadi cirinya. Anak diberi kebebasan memilih aktifitas-aktifitas dan materi-materi yang dirancang sesuai dengan fisik alamiah dan perkembangan fisiologisnya dibawah pengawasan dan pembimbingan guru. Dengan kata lain mengarahkan anak agar mandiri penuh percaya diri, berimprovisasi dan menggunakan kreatifitasnya dalam belajar dengan tetap ada pendampingan dan pengarahan dari guru yang lebih dahulu mengalami kehidupan namun tetap disesuaikan dengan kondisi dan tuntutan zaman (kontekstual) dengan berdasarkan tuntunan agama Islam.

Arah Islami di Taman Pendidikan LENTERAHati adalah memberikan dasar pribadi yang Sholeh. Perlu untuk kembali mengaktualisasikan konsep pribadi sholeh dalam dunia pendidikan anak sebagai visi hasil pendidikan. Secara harfiah kata sholeh diterjemahkan baik, namun cakupan baik disini meliputi Khair; baik yang terpilih, Thayyib : baik secara kualitas, Hasan: baik dalam perasaan, Ma'ruf : baik yang dikenal oleh masyarakat: Birr; kebaikan berupa ketulusan dan peribadatan, Mumtaz; baik dalam arti unggul, keenam pengertian tentang kebaikan tersebut terangkum dalam kata sholeh, berarti anak yang sholeh adalah anak yang, terpilih, berkualitas, tulus dalam peribadatan, berbuat sesuai kepatutan, serta unggul dan ini merupakan sarana pembentukan pribadi yang berkarakter sesungguhnya.

VISI

Merupakan tempat untuk menyemaikan anak didik yang berkarakter dan kreatif inovatif sehingga menghasilkan calon anggota keluarga yang memiliki jati diri yang penuh rasa ingin tahu yang tinggi, terampil dalam hidup sehari-hari, mampu berteman yang memadai melalui proses belajar, mengajar, bermain sambil belajar yang nyaman dan menyenangkan.

MISI
1.       Mewujudkan dan melaksanakan paradigma belajar yang berwawasan learning to think, learning to do, learning to life together, dan learning to be your self dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan.
2.     Membangun anak didik untuk memiliki keunggulan yang kreatif, cerdas, sehat, modern, peduli/peka dengan berdasar pada budaya bangsa dan kehidupan yang Islami.
3.     Membangun kesejahteraan bersama dan bersama membangun kesejahteraan secara berimbang spiritual dan material.
4.     Menghayati dan merealisasikan setiap amanah/kepercayaan yang diberikan orang tua dan pihak lain secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

MOTO

Modern, Berkarakter, Cerdas dan Islami

KURIKULUM

Pembelajaran Taman Pendidikan LENTERAHati menggunakan Kurikulum Nasional yang dikembangkan dengan berbagai macam muatan lokal yang dirancang dengan ciri khas sendiri dan terintegrasi dengan nilai-nilai Islam pada setiap pengembangannya dengan tidak melupakan keberagaman kecerdasan anak melalui pembelajaran yang mengembangkan Multiple Intelligence.

Pendidikan Budi pekerti menjadi perhatian yang utama dan pertama di  Taman Pendidikan LENTERAHati. Oleh karena itu Budi Pekerti menjadi master dalam model pembelajaran di Taman Pendidikan LENTERAHati. Nilai-nilai budi pekerti kita kembangkan sejak sedini mungkin, karena nilai-nilai ini akan sangat penting sebagai bekal dalam mengarungi kehidupannya kelak. Setiap Guru adalah Guru budi pekerti yang senantiasa memberikan ketauladanan bagi anak didiknya.

SISTEM PEMBELAJARAN

Sistem pengajaran menggunakan pendekatan Active Learning dan  Learning by Playing serta berpusat pada anak. Anak diharapkan akan lebih aktif dan bebas mengekspresikan perasaannya atau ide-idenya dan juga berani mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang. Dengan suasana belajar seperti ini tentu akan menyenangkan dan komunikatif.

Di sisi lain keberbedaan  kecerdasan anak juga sangat kami hargai dengan pembelajaran yang mengembangkan Multiple Intelligence. Sehingga kemampuan anak akan berkembang sesuai dengan kecerdasannya masing-masing. Oleh karena itu, di Taman Pendidikan LENTERAHati program kegiatan yang sebelumnya ekstrakurikuler dimasukkan ke dalam kegiatan intrakurikuler, misalnya : menari, menyanyi, dan bimbingan baca Al Quran dengan metode Iqra.


Satu Kelas Dua Guru
Untuk lebih tercapainya hasil pembelajaran dan pelayanan yang lebih  maksimal terhadap anak, maka di Taman Pendidikan LENTERAHati satu kelas dibimbing oleh dua orang Guru dan didampingi oleh oleh sarjana Psikologi/BK diharapkan dapat memantau setiap saat perkembangan anak.

Pengenalan Bahasa Inggris
Masa usia Pendidikan Anak Usia Dini ( pra sekolah ) adalah masa emas dalam belajar  bahasa, maka kami akan memperkenalkan percakapan bahasa inggris dalam kegiatan belajar sehari-hari.

Konsep Pembelajaran
Play, Learn, and Grow Together with Islamic Character


Program Pengembangan
Field Trip / Kayawisata 
Obyek-obyek yang dikunjungi antara lain : Pemadam Kebakaran, Polisi, Kantor Pos, Panti Asuhan, Kantor Pemerintah, Pasar, dll.





Program Penunjang
Program yang lain  dan Special Event yang kami laksanakan dalam rangka   menunjang kurikulum adalah :
·        Memperingati Hari besar Islam
·        Memperingati Hari Besar Nasional
·        Home Visit
·        Pekan Budaya
·        Guru Tamu
·        Manasik Haji
·        Sainstic day
·        Book Week
·        Cartoon’s Day
·        Cooking
·        International day
·        Mother’s Day
·        Garden Party
·        Colour’s Day
·        One Day with Daddy
·        Family day
·        Fun Water,
·        Fruits & Vegetables Days, dsb
·        Outbound Day
·        Talent's day


PROGRAM PENGEMBANGAN HOLISTIK
1.       Membangun konsep diri.
2.     Mengasah spiritual.
3.     Membangun dan melatih kebiasaan.
4.     Mengembangkan proses kreatif.
5.     Mengembangkan kecintaan pada budaya.
6.     Membina kedisiplinan.
7.     Melatih berpikir kritis.
8.     Melatih kepekaan sosial.
9.     Melatih kecintaan pada lingkungan.
10.  Mengembangkan wawasan sosial yang global.
11.    Pengenalan teknologi.
12.  Membangun kemandirian.

SARANA DAN PRASARANA
1.       Ruang bermain out door berupa seperangkat alat permainan outbound untuk peningkatan kemampuan motorik dan kepercayaan diri.
2.     Ruang bermain in door dan out door yang aman
3.     Ruang pusat sumber belajar (library kids).
4.     Ruang audio visual dan komputer (lab kids).
5.     Ruang kelas yang representatif
6.     Tenaga pengajar profesional, terlatih, dan handal
7.     Free internet untuk Orangtua














PENILAIAN PEMBELAJARAN

Untuk memberikan informasi perkembangan anak secara rutin kepada orangtua murid, maka Taman Pendidikan LENTERAHati menggunakan Sistem Penilaian sebagai berikut :


A. Weekly Report
B. Tri Moon Report


LEVEL PENDIDIKAN


A.     Penitipan Anak (Usia 1 – 6 tahun)
B.      Kelompok Bermain
  • Playgroup A : Umur 2-3 tahun
  • Playgroup B : Umur 3-4 tahun
C. Taman Kanak-Kanak (4-6 tahun)

KELEMBAGAAN

Taman Pendidikan LENTERAHati adalah lembaga pendidikan Pra Sekolah yang berada pada naungan

LENTERAHati.
LEMBAGA PSIKOLOGI, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Akte Noratis : Indah Purwani, SH no. 88/21 Desember 2011
Panitra Pengadilan Negeri : W25/U1/HK.03/XII/2011

KEPENGURUSAN

LEMABAGA LENTERAHati
Ketua
: Dr. MA Muazar Habibi, S.Psi.,M.Pd
Sekretaris
: Ubaidillah, SE
Bendahara
: Dina Nurlaily Aprinaida, S.Psi
Taman Bermain Dan Taman Kanak-Kanak
Pengelola/Direktur
: Dr. MA Muazar Habibi, S.Psi.,M.Pd

Manajer Operasional


: Baiq Yuli Darta, S.Psi
Kepala TPA dan PG
: Herlina Yunita, S.Pd


Kepala TK

: Siti Aisyah, S.Pd


LOKASI

Komplek Ruko Jl. Gili Trawangan No. 1A (Pertigaan Dr. Soetomo– Jl. Gili Trawangan) Taman Karang Baru Mataram                  Nusa Tenggara Barat mobile phone : 0818361219









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan & Saran Kami Butuhkan. Terimakasih

PETUNJUK MENU
gif maker
http://www.picasion.com/